Berbagi Praktik Baik Pengelolaan Kinerja Guru dan Refleksi Kompetensi di Platform Merdeka Mengajar di SMP Negeri 42 Maluku Tengah, Sabtu 20 Januari 2024 oleh F. F. Latuasan, S.Pd


Kegiatan Berbagi Praktik Baik Pengelolaan Kinerja Guru dan Refleksi Kompetensi di PMM yang diselenggarakan di SMP Negeri 42 Maluku Tengah pada hari sabtu, 20 Januari 2024. Pemateri pada kegiatan tersebut adalah seorang Guru Penggerak dan juga merupakan Pendamping Guru Penggerak. Beliau adalah Ibu Frisilia F. Latuasan, S.Pd. Dengan giatnya beliau memaparkan materi-materi tentang Merdeka Mengajar dengan sangat baik. 

Pengelolaan kinerja di PMM adalah alat bantu yang memudahkan guru menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual dengan kebutuhan satuan pendidikan dan pengembangan karirnya., demi peningkatan kualitas pembelajaran murid, tuturnya.  

Pengelolaan kinerja untuk guru terdiri dari 3 tahapan, yaitu:

1.perencanaan

2. Pelaksanaan

3. Penilaian

Pada tahap perencanaan,guru hanya perlu fokus meningkatkan kinerja pada salah satu indikator rekomendasi berdasarkan capaian raport pendidikan yang telah terintegrasi dengan PMM. Perencanaan kinerja terdiri dari:

1. Praktik pembelajaran 

2. Pengembangan kompetensi

3. Tugas tambahan

4. Rangkuman

Pada tahap pelaksanaan , kepala sekolah akan melakukan observasi kelas dan melakukan penilaian berdasarkan rubrik yang telah disediakan di PMM. 

Pada tahap penilaian, kepala sekolah dapat melihat rangkuman pencapaian guru untuk predikat kinerja yang terintegrasi dengan sistem e-kinerja BKN.

Sedangkan refleksi kompetensi di PMM  adalah bentuk pengenalan diri berupa asesmen yg bertujuan untuk merefleksikan dan mengukur kompetensi pendidik sebagai dasar perencanaan pengembangan diri yang berdampak pada pembelajaran yang berpusat pada peserta didik 

Dengan mengikuti refleksi kompetensi, kita akan mendapatkan rekomendasi belajar untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi kita, ungkapnya pada kegiatan yang berlangsung selama beberapa jam.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget